NGOBAR ASSALAM

Ngobar Assalam, ikuti dan kunjungi Ngobar Assalam di Masjid Assalam Minomartani setiap hari Minggu Pagi sehabis sholat jama'ah Subuh.

Minggu, 24 Februari 2013

Hakikat Tuyul & Cara Menanggulanginya
 
Tanya:
Assalamu alaikum,
Sekitar 3 bulan ini saya sering kehilanngan uang. Saya baru ambil dr bank beberapa bundel ratusan ribu. Setiap satu bundel, pasti ada yg kurang 4 hingga 6 lbr. Padahal disimpan di brangkas, terkunci. Mustahil jk itu manusia. Apa mungkin ada makhluk lain, seperti tuyul yg mengambilnya? Padahal kitakan hidup di zaman modern. Dan sebenarnya tuyul itu ada gak? Kalo ada seperti apa? Terus terang, saya sangat gonduk dg kejadian ini.
Nuwun..,
 
Edi K
 
Jawab:
Wa alaikumus salam wa rahmatullah..,
Kami turut merasakan kesedihan atas musibah yang anda alami. Namun apapun itu, kita perlu tanamkan dalam hati bahwa semua bentuk kesedihan, musibah, dsb, yang dialami setiap muslim, pasti akan Allah jadikan kaffarah (penebus) atas dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ المُسْلِمَ إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا عَنْهُ
"Tidak ada musibah yang menimpa seorang muslim, kecuali Allah jadikan sebab untuk kafarah dosanya." (HR. Bukhari & Muslim).
Itu artinya, tidak ada yang disia-siakan dalam hidup kita. Susah senang yang kita alami, berpotensi menjadi sumber pahala dan sekaligus sumber dosa. Semuanya kembali kepada sikap kita sebagai pelaku sejarahnya. Karena itu, kami nasehatkan agar bersabar dan mengharap pahala dari Allah ta'ala.
 
Hari gini masih ada yang punya tuyul?
Sebagian orang menyangka, segala hal yang berbau klenik, akan menyusut sejalan dengan perkembangan teknologi. Padahal sejak kapan ada hubungan antara teknologi dengan tahayul dan kesyirikan. Penyakit klenik & syirik yang dilakukan msyarakat bisa saja muncul tanpa memandang waktu dan tempat. Bahkan bisa jadi lebih canggih dari pada klenik masa silam, sejalan dengan kecanggihan dunia IT. Anda bisa saksikan, berbagai situs kesyirikan di sekitar kita masih tumbuh subur, dan dipasarkan melalui internet.
Dan termasuk tanda akhir zaman, kesyirikan yang pernah ada di zaman jahiliyah, akan muncul kembali di tengah manusia. Dari A'isyah radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
لَا يَذْهَبُ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ حَتَّى تُعْبَدَ اللَّات وَالْعُزَّى
"Tidak akan hilang waktu malam dan siang (kiamat), sampai Lata dan Uzza disembah." (HR. Muslim 2907)
 
Apa Hakikat Tuyul
Fenomena tuyul, tak jauh beda dengan Nyi Roro Kidul. Dia adalah jin yang dilaporkan perah dilihat oleh manusia dengan penampakan seperti anak kecil gundul yang suka mencuri, kemudian mereka istilahkan dengan tuyul. Sehingga kata 'tuyul' sejatinya merupakan nama yang murni diberikan masyarakat. Sebagaimana ada jin yang menjelma seperti sosok berbalut kain mori, yang kemudian diistilahkan dengan pocong.
Sekaligus kita tekankan di sini, bahwa usaha untuk mencari hakikat nama-nama 'makhluk halus' yang tersebar di tempat kita sangat tidak penting. Bahkan layak dikatakan sia-sia, 100% buang-buang waktu dan pikiran. Karena sedikitpun kita tidak akan mendapatkan manfaat dari informasi tersebut. Anda yang memahami asal-usul nyi roro kidul, atau kuntilanak, dan semacamnya, sama sekali tidak akan membuat anda jadi kaya atau tambah rajin ibadah. Kita cukup meyakini bahwa itu jin yang menjelma menjadi bentuk lain dan kebetulan bisa diindera oleh manusia.
 
Bagaimana mekanisme tuyul mencuri?
Seperti layaknya jin, sosok yang disebut tuyul, juga bisa memindahkan barang. Hanya saja, antara satu jin dengan jin lainnya, berbeda kemampuannya, sebagaimana layaknya manusia. Ada jin yang bisa memindahkan barang berat, sebagaimana ada manusia yang bisa angkat berat. Jin juga bisa mencuri sebagaimana manusia bisa mencuri.
Kasus jin yang mencuri ini, tidak hanya muncul di masyarakat jawa. Di zaman Nabi-pun peristiwa ini pernah terjadi. Diantaranya peristiwa yang dialami Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ketika beliau ditugasi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menjaga zakat ramadhan. Malam harinya datang seorang pencuri dan mengambil makanan. Dia langsung ditangkap oleh Abu Hurairah. “Akan aku laporkan kamu ke Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Orang inipun memelas. Minta dilepaskan karena dia sangat membutuhkan dan punya tanggungan keluarga. Dilepaslah pencuri ini. Siang harinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada Abu Hurairah tentang kejadian semalam. Setelah diberi laporan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dia dusta, dia akan kembali lagi.” Benar, di malam kedua dia datang lagi. Ditangkap Abu Hurairah, dan memelas, kemudian beliau lepas. Malam ketiga dia datang lagi. Kali ini tidak ada ampun. Orang inipun minta dilepaskan. “Lepaskan aku, nanti aku ajari bacaan yang bermanfaat untukmu.” Kemudian dia mengajarkan bacaan ayat kursi sebelum tidur.
Di pagi harinya, kejadian ini dilaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. kemudian beliau bersabda: “Kali ini dia benar, meskipun aslinya dia pendusta.” (HR. Bukhari 2311)
 
Yang ditangkap oleh Abu Hurairah waktu itu adalah jin yang menjelma menjadi bentuk lain. Ketika menjelaskan hadis ini, al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, “Jin terkadang menjelma dengan berbagai bentuk sehingga memungkinkan bagi manusia untuk melihatnya…” (Fathul Bari, 4/489).
 
Kasus yang sama juga pernah terjadi pada sahabat Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhu. Ceritanya, Ubay memiliki setumpuk kurma yang saat itu sedang diinapkan dan beliau jaga di siang harinya. Namun ternyata kurma itu berkurang. Akhirnya beliau jaga di malam hari. Tiba-tiba ada sosok bergerak seperti anak remaja yang baru menginjak usia baligh. Ka'ab mengatakan,  "Akupun menyampaikan salam kepadanya, dan dia menjawabnya." "Siapa kamu? Jin ataukah manusia?" tanya Ubay. Dia menjawab: "Aku jin." "Coba tunjukkan tanganmu kepadaku." Pinta Ubay. Ternyata tangannya seperti tangan anjing dan berbulu seperti anjing. Sampai akhirnya Ubay bertanya mengapa dia mencuri, setelah diberi jawaban dan diberi tahu keutamaan ayat kursi, Ubay-pun melepaskannya. Pagi harinya diceritakan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau hanya berkomentar, "Kali ini si Jelek itu benar." (HR. Ibnu Hibban, An-Nasai dalam Amal Yaum wa Lailah, At-Thabrani dalam Al-Kabir, dst).
 
Apakah ada yang nyuruh?
Bisa jadi ada yang nyuruh, bisa juga karena si jin iseng sendiri, atau kadang karena memang mereka butuh makanan seperti dalam hadis Abu hurairah di atas. Kasus orang yang merawat tuyul juga pernah terjadi di masa silam. Syaikhul islamIbnu Taimiyah pernah menyebutkan tentang Al-Hallaj – tokoh sufi yang mengaku telah menyatu denagn tuhannya – ,
وكان صاحب سيمياء وشياطين تخدمه أحياناً، كانوا معه (بعض أتباعه) على جبل أبي قبيس، فطلبوا منه حلاوة، فذهب إلى مكان قريب، وجاء بصحن حلوى، فكشفوا الأمر فوجدوا ذلك قد سرق من دكان حلاوي باليمن، حمله شيطان تلك البقعة
Al-Hallaj memiliki atribut khusus, terkadang setan membantunya. Seuatu ketika, dia bersama pengikutnya di bukit Abu Qubais, kemudian pengikutnya minta manisan. Kemudian Al-Hallaj pergi ke tempat tertentu yang tidak jauh dari markasnya, lalu dia kembali dengan membawa sepiring manisan. Masyarakatpun mencari tahu kejadian sejatinya, ternyata sepiring makanan itu berasal dari toko manisan di Yaman, yang dibawa oleh setan ke tempat itu. (Alam jin wa As-Syayathin, hlm. 93).
 
Bagaimana cara mengatasinya?
Ada dua bagian yang perlu dibedakan,
Pertama, menangkap tuyul itu dan memintanya mengembalikan apa yang dicuri. Ini hampir tidak mungkin bisa dilakukan. Kecuali jika si jin menjelma menjadi makhluk yang bisa dipegang manusia, seperti kasus yang dialami Abu hurairah atau Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhuma, sebagaimana hadis di atas. Itupun belum tentu bisa mengembalikan apa yang dicuri, kecuali jika si jin bersedia mengembalikannya.
 
Namun terkadang ada orang yang berusaha mencara jalan pintas. Dia menyewa paranormal agar bisa menangkap tuyul itu. Usaha semacam ini sebaiknya tidak anda lakukan, karena rumah anda akan menjadi praktek perdukunan. Sebab kita bisa memastikan, yang dilakukan oleh paranormal itu adalah dengan meminta bantuan kepada jin atau mempraktekkan ilmu sihir. Sehingga kehadiran paranormal ini  - meskipun dia ngakunya ustad – akan menjadi masalah baru di rumah anda. Jadinya, anda malah mendapat musibah dua kali dan yang kedua ini lebiih besar. Karena taruhannya aqidah. Untuk itu, sekali lagi, jangan undang mereka.
Terlebih, bisa jadi yang mereka lakukan hanyalah kedustaan. Mereka berpura-pura memasukkan sesuatu ke dalam botol dan ngakunya itu tuyul sudah ditangkap. Padahal aslinya hanya tipuan mata, seolah-olah terlihat bentuk tuyul seperti yang banyak digambarkan masyarkat.
Kedua, upaya menghindari gangguan jin
Ini bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya tinggal kembali kepada manusianya, apakah dia mampu melakukan secara istiqamah ataukah tidak. Jika dia bisa istiqamah menjalankannya, insyaaAllah, Allah akan memberikan perlindungan bagi dirinya dan hartanya, bahkan seisi rumahnya. Berikut beberapa amalan ringan yang dituntunkan dalam islam,
1. Berusaha melaksanakan kewajiban, menjauhi larangan, dan bertaubat dari setiap maksiat. Semua aktivitas ini akan menjadi sebab Allah melindunginya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberikan beberapa pesan kepada Ibnu Abbas, diantaraya:
احْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ
“Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kamu jumpai Dia di hadapanmu…” (HR. Ahmad 2669, Tirmidzi 2516, dan dishahihkan al-Albani)
Makna hadis:
- Jagalah Allah : Jaga aturan Allah, laksanakan kewajiban dan hindari yang diharamkan.
- Kamu jumpai Dia di hadapanmu: Allah akan menolongmu dalam setiap keadaan yang engkau butuhkan.
Bentuk penjagaan Allah sifatnya umum. Tak terkecuali, penjagaan dari gangguan jin dan setan.
 
2. Banyak membaca Alquran atau dzikir lainnya. Di antarannya adalah dzikir pagi petang dan dzikir sebelum tidur. Jadikan aktivitas ini sebagai wirid harian.
Orang yang rajin berdzikir, membaca Alquran, hatinya akan senantiasa hidup. Lebih dari itu, Allah menjanjikan orang yang membaca dzikir pagi petang, dia akan mendapatkan perlindungan dari-Nya.
Beberapa dzikir pagi dan sora, bisa anda simak di:
 
3. Membaca doa setiap masuk dan keluar rumah
Membaca doa setiap hendak masuk rumah, bisa menjadi sebab Allah menjaga rumah anda, sehingga setan tidak leluasa memasukinya. Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ
"Jika seseorang masuk rumahnya dan dia mengingat nama Allah ketika masuk dan ketika makan, maka setan akan berteriak: 'Tidak ada tempat menginap bagi kalian dan tidak ada makan malam.' Namun jika dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan, 'Kalian mendapatkan tempat menginap' dan jika dia tidak mengingat nama Allah ketika makan maka setan mengundang temannya, 'Kalian mendapat jatah menginap dan makan malam'." (HR. Muslim)
Sungguh betapa berartinya dzikir ini bagi hidup anda. Hanya dengan membaca basmalah dan salam ketika masuk rumah, anda mendapat jaminan tidak akan diganggu rumah berikut makanannya. Anda tidak perlu bayar satpam mahal-mahal, cukup dengan membaca dzikir ringan, anda sudah mendapatkan jaminan keamanan dari Allah.
 
4. Menutup tempat uang dengan membaca basmalah.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu menyarankan agar kaum muslimin menutup tempat makanan dan wadah minumnya di malam hari. Agar makanan dan minumannya tidak diganggu setan. Dan ketika menutup, jangan lupa membaca basmalah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
غَطُّوا الْإِنَاءَ، وَأَوْكُوا السِّقَاءَ، وَأَغْلِقُوا الْبَابَ، وأطفؤا السِّرَاجَ، فإن الشَّيْطَانَ لَا يَحُلُّ سِقَاءً، ولا يَفْتَحُ بَابًا، ولا يَكْشِفُ إِنَاءً، فَإِنْ لم يَجِدْ أحدكم إلا أَنْ يَعْرُضَ على إِنَائِهِ عُودًا وَيَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ، فَلْيَفْعَلْ
“Tutuplah bejana, ikatlah geribah (tempat menyimpan air yang terbuat dari kulit), tutuplah pintu, matikanlah lentera (lampu api), karena sesungguhnya setan tidak  mampu membuka geribah yang terikat, tidak dapat membuka pintu, dan tidak juga dapat menyingkap bejanan yang tertutup. Bila engkau tidak mendapatkan tutup kecuali hanya dengan melintangkan di atas bejananya sebatang ranting, dan menyebut nama Allah, hendaknya dia lakukan.” (HR. Muslim).
 
Dianalogikan dengan ini adalah semua bentuk barang berharga yang anda miliki. Termasuk uang atau perhiasan. Anda mungkin bisa merasa aman dari gangguan manusia. Namun anda belum bisa terjamin dari gangguan jin yang mengambilnya. Karena itu, letakkanlah barang berharga atau uang yang bernilai di tempat yang bisa dikunci, dan jangan lupa membaca basmalah setiap kali anda membuka dan menutupnya. Selanjutnya, bertawakkal kepada Allah.
 
Allahu a'lam

Hukum Puasa di Hari Maulid

Hukum Puasa di Hari Maulid

Alhamdulillah was shalatu was
salamu 'ala rasulillah, wa ba'du,

Pertama, kita dianjurkan puasa setiap
hari senin. Puasa ini dilakukan setiap pekan, setiap hari senin.
Dari Abu Qatadah Al-Anshari radhiyallahu
'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang kebiasaan
beliau berpuasa hari senin. Beliau menjawab,
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ، وَيَوْمٌ بُعِثْتُ
"Itu
adalah hari dimana  aku dilahirkan dan
hari aku diutus." (HR. Muslim).
Dalam riwayat lain, dalam sebuah hadis dari Usamah bin
Zaid, beliau ditanya tentang alasan sering melaksanakan puasa senin dan
kamis. Jawab
beliau,
ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ
فِيهِمَا الْأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ
عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
"Dua hari ini dilaporkan amal kepada Rabbul
alamin, dan aku ingin, ketika amalku dilaporkan, aku dalam kondisi puasa."
(HR. An-Nasa'i, dan dinilai hasan shahih oleh Al-Albani).
Berdasarkan hadis ini, sebagian
ulama menyimpulkan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan puasa
sunah
hari senin, karena dua alasan,
1.      Karena  pada hari itu amal para
hamba dilaporkan kepada Allah, dan beliau ingin ketika amal beliau
dilaporkan,
beliau dalam kondisi puasa.
2.      Pada hari itu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dilahirkan dan
diutus
oleh Allah. Maka beliau puasa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

Namun sekali lagi, puasa senin yang
dilakukan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam itu, dikerjakan setiap
pekan
dan bukan setahun sekali atau selapan sekali. Sehingga ketika kita hendak
mewujudkan rasa syukur seperti yang beliau lakukan, selayaknya puasa senin
itu
kita lakukan secara rutin.

Kedua, terdapat banyak puasa sunah
yang dianjurkan dalam islam. Dan secara umum, puasa sunah dalam islam
dibagi
menjadi dua:
1.      Puasa sunah mutlak
Puasa sunah mutlak  adalah puasa sunah yang dikerjakan tanpa dibatasi
waktu maupun tempat
tertentu. Artinya bisa dikerjakan kapanpun selama tidak bertepatan dengan
hari
terlarang puasa, seperti hari raya, hari tasyrik, hari jumat saja, atau
hari
sabtu saja.
2.      Puasa sunah muqayad
Puasa sunah muqayad adalah puasa sunah yang dikerjakan
pada hari tertentu, berdasarkan anjuran dari Nabi shallallahu 'alaihi wa
sallam.
Puasa ini ada yang tahunan, ada yang bulanan, dan ada yang mingguan.
Seperti
puasa Asyura di setiap tanggal 10 Muharam, puasa Arafah di setiap tanggal
9
Dzulhijjah, puasa senin-kamis setiap pekan, puasa hari putih (tanggal 13,
14,
dan 15 setiap bulan), 6 hari di bulan syawal, puasa Sya'ban, dst.

Dari sekian banyak puasa sunah
muqayad yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak ada yang namanya
puasa
hari maulid. Padahal Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengajarkan
puasa
tahunan. Demikian pula, tidak kita jumpai beliau atau para sahabat
melaksanakan
puasa di hari maulid. Ini semua menunjukkan bahwa puasa maulid jatuh pada
tanggal 12 rabi'ul awal, bukan termasuk puasa yang disyariatkan. Terlebih,
para
ulama ahli sejarah berbeda pendapat tentang tanggal lahirnya Nabi
shallallahu 'alaihi
wa sallam.
Kecuali jika tanggal 12 rabiul awal
jatuh pada hari kamis, seperti saat ini (24 januari 2013). Kita dianjurkan
untuk melaksanakan puasa kamis, bukan karena ini hari maulid, namun karena
hari
ini adalah hari kamis. Namun satu catatan, tidak boleh kita yakini, puasa
hari
kami saat ini memiliki nilai lebih atau keutamaan tambahan, karena  alasan
bertepatan dengan hari maulid Nabi shallallahu
'alaihi wa sallam.

15 Waktu dianjurkan Shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam


15 Waktu dianjurkan Shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
 
Bismillah,
 
Secara umum, shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ada dua,
Pertama, shalawat mutlak
Itulah shalawat yang dikerjakan di setiap kesempatan, tanpa batas waktu dan tempat tertentu. Kita dianjurkan untuk banyak membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebagaimana yang Allah firmankan,
إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
“Sesungguhnya Allah dan malaikatnya bershalawat kepada nabi, wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan juga ucapkanlah salam untuknya.” (Qs. Al- Ahzab: 56).
Semakin banyak shalawat yang kita lantunkan, sebakin besar peluang untuk mendapat keistimewaan di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam sebuah hadis, beliau bersabda,
أولَى الناسِ بِيْ يوم القيامة أكثرُهم عليَّ صلاةً
“Orang yang paling dekat dariku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR. At-Tirmidzi, dan dihasankan Al-Albani)
Kedua, shalawat muqayad
Itulah shalawat yang dikerjakan pada kesempatan khusus, baik dikerjakan pada waktu tertentu atau ketika melakukan amal tertentu. Ada sekitar 15 keadaan, dimana kita dianjurkan untuk membaca shalawat:
1.      Ketika tasyahud awal atau akhir
Shalawat pada saat tasyahud awal hukumnya dianjurkan, sedangkan ketika tasyahud akhir hukumnya wajib. Dari Ka'ab bin Ujrah, bahwa para sahabat pernah bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang tata cara shalawat ketika shalat. Beliau menjawab, 'Ucapkanlah:
اللَّهُّم صلِّ على محمدٍ وعلى آل محمد كما صلَّيْتَ على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد، اللَّهُّم بارِكْ على محمدٍ وعلى آل محمد كما باركتَ على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميدٌ مجيد
 “Ya Allah, bershalawatlah kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana engkau telah bershalawat kepada Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Luas, Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkahi ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Luas.” (Muttafaqun ‘alaihi)
 
2.      Ketika selesai adzan
Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا سَمِعْتُمْ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوامِثْلَ مَا يَقُولُ ، ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ ، فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا
"Apabila kalian mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemduian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali." (HR. Muslim)
 
3.      Ketika hari jumat
Sejak malam hari jumat, sampai selesai siang hari jumat, kita dianjurkan memperbanyak membaca shalawat.
Dari Aus bin Aus, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَامُ .... فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ، فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ
"Sesungguhnya hari yang paling mulia adalah hari jumat. Pada hari ini, Adam diciptakan… karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian ditunjukkan kepadaku." (HR. Nasa'I, Abu Daud, Ibn Majah, dan dishahihkan Al-Albani)
 
4.      Setiap pagi dan sore
Setiap pagi dan sore, kita dianjurkan membaca shalawat minimal 10 kali.
Dari Abu Darda' radliallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
من صلى على حين يصبح عشرًا و حين يمسي عشرًا ، أدركته شفاعتي يوم القيامة
“Barangsiapa yang memberikan shalawat kepadaku ketika subuh 10 kali dan ketika sore 10 kali maka dia akan mendapat syafaatku pada hari qiyamat.” (HR. At Thabrani dan dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al-Jami').
 
5.      Ketika di Majlis
Ketika kita kumpul bersama banyak orang untuk memperbincangkan sesuatu, jangan lupa diselai dengan shalawat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا لَمْ يَذْكُرُوا اللَّهَ فِيهِ، وَلَمْ يُصَلُّوا عَلَى نَبِيِّهِمْ، إِلَّا كَانَ عَلَيْهِمْ تِرَةً، فَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُمْ وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُمْ
"Jika ada sekelompok kaum yang duduk bersama dan tidak mengingat Allah serta tidak memberi shalawat kepada nabi mereka maka itu akan menjadi bahan penyesalan baginya. Jika Allah berkehendak, Allah akan menghukum mereka, dan jika Allah berkehendak, Dia akan mengampuni mereka." (HR. Ahmad, Turmudzi, dan dishahih Syuaib Al-Arnauth).
 
6.      Ketika menyebut Nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
Ketika menyebut nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, atau mendengar nama atau gelar beliau disebut, kita dianjurkan untuk membaca shalawat. Dari Abu hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ
"Celakalah orang yang ketika namaku disebut, dia tidak bershalawat untukku." (HR. turmudzi, dan dinilai hasan sahih oleh Al-Albani)
Dari Husain bin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
الْبَخِيلُ مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ، ثُمَّ لَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ
"Orang yang bakhil adalah orang yang ketika namaku disebut, dia tidak bersjalawat untukku." (HR. Ahmad dan sanadnya dinilai kuat oleh Syuaib Al-Arnauth).
 
7.      Ketika berdoa
Mulailah doa anda dengan memuji Allah dan bershalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan harapan, doa anda bisa mustajab.
Umar bin Khattab mengatakan,
إِنَّ الدُّعَاءَ مَوْقُوفٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ لا يَصْعَدُ مِنْهُ شَيْءٌ حَتَّى تُصَلِّيَ عَلَى نَبِيِّكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
"Sesungguhnya doa itu terkatung-katung antara langit dan bumi, dan tidak bisa naik, sampai dibacakan shalawat untuk Nabi kalian shallallahu 'alaihi wa sallam." (HR. Turmudzi dan dihasankan Al-Albani).
Dari Ahmad bin Abi Hawari, bahwa beliau mendengnar Abu Sulaiman Ad-Darani menasehatkan,
من أراد أن يسأل الله حاجته فليبدأ بالصلاة على النبي وليسأل حاجته وليختم بالصلاة على النبي فإن الصلاة على النبي مقبولة والله أكرم أن يرد ما بينهما
Siapa yang ingin memohon kepada Allah sesuatu, hendaknya dia mulai dengan bershalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian baru mengajukan doanya. Dan akhiri juga dengan shalawat untuk beliau. Karena shalawat untuk nabi shallallahu 'alaihi wa sallam statusnya maqbul, dan Allah Maha Pemurah, sehingga tidak akan menolak doa yang dibaca di antara dua shalawat.
 
8.      Ketika masuk dan keluar masjid
Doa ini dibaca bersamaan dengan doa masuk masjid.
Dari Abu Usaid radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيُسَلِّمْ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ لِيَقُلْ: اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ ، فَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
"Apabila kalian masuk masjid maka berilah salam untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian baca: Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik. Dan ketika dia keluar, hendaknya dia membaca: Allahumma inni as-aluka min fadhlik." (HR. Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani).
Dari Fatimah radhiyallahu 'anha, beliau menceritakan,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ المَسْجِدَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ، وَقَالَ: «رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila masuk masjid, beliau membaca shalawat dan salam untuk Muhammad, kemudian beliau berdoa: Rabbigh fir-lii dzunuubi…" (HR. Turmudzi dan dishahihkan Al-Albani).
 
9.      Takbir kedua ketika shalat jenazah
Shalawat disyariatkan untuk dibaca ketka takbir kedua shalat jenazah. Imam As-Sya'bi mengatakan,
أول تكبيرة من الصلاة على الجنازة ثناء على الله عز وجل والثانية صلاة على النبي صلى الله عليه وسلم والثالثة دعاء للميت والرابعة السلام
"Takbir pertama shalat jenazah adalah memuji Allah. Takbir kedua bershalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. takbir ketiga doa untuk jenazah, dan takbir keempat salam." (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf).
 
10.  Ketika berada di Makam Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
Abdullah bin Dinar mengatakan,
رأيت عبدالله بن عمر يقف على قبر النبي صلى الله عليه وسلم ويصلي على النبي صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر رضي الله عنهما
"Saya melihat Abdullah bin Umar berdiri di dekat kuburan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian beliau bershalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, mendoakan Abu Bakr, dan Umar." (HR. Malik dalam Al-Muwattha' dan Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubro).
 
11.  Ketika
Setelah usai membaca qunut, disyariatkan diakhiri dengan membaca shalawat.
Dari Abdullah bin Harits, beliau mengatakan,
أن أبا حليمة معاذ بن الحارث  كان يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم في القنوت
"Bahwa Abu Halimah, Muadz bin Harits, membaca shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika qunut." (Fadhl As-Shalah 'ala An-Nabi, Ismail bin Ishaq).
 
12.  Ketika shalat Id
Shalawat ini dibaca di setiap takbir shalat id.
Dari Alqamah, beliau mengatakan,
أن ابن مسعود وأبا موسى وحذيفة خرج عليهم الوليد بن عقبة قبل العيد يوما فقال لهم إن هذا العيد قد دنا فكيف التكبير فيه قال عبد الله تبدأ فتكبر تكبيرة تفتتح بها الصلاة وتحمد ربك وتصلي على النبي ثم تدعو وتكبر وتفعل مثل ذلك....
Beberapa sahabat, diantaranya Ibnu Mas'ud, Abu Musa Al-Asy'ari, dan Hudzaifah didatangi oleh Al-Wald bin Uqbah (penguasa setempat ketika itu) sehari sebelum shalat hari raya. Al-Walid bertanya, "Hari id sudah dekat, bagaimana cara takbir di dalamnya." Abdullah bin Mas'ud mengatakan, "Anda awali dengan takbiratul ihram sebagai pembuka shalat, anda puji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian berdoa. Lalu bertakbir lagi, dan anda lakukan seperti di atas…dst"
Hudzaifah dan Abu Musa mengatkan, "Ibnu Masud benar." (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf).
 
13.  Ketika meninggalkan majlis
Pada saat anda meninggalkan majlis perbincangan anda, bacalah shalawat.
Dari Utsman bin Umar, beliau mengatakan,
سمعت سفيان بن سعيد ما لا احصي إذا اراد القيام يقول صلى الله وملائكته على محمد وعلى انبياء الله وملائكته
Aku mendengar Sufyan bin Said berkali-kali sampai tidak bisa kuhitung, setiap beliau hendak meninggalkan majlis, beliau membaca: "Semoga shalawat Allah dan para malaikatnya tercurah untuk Muhammad dan kepada para nabi Allah dan malaikatnya." ()

Shalat dengan menggunakan sandal

Shalat dengan menggunakan sandal
 
Alhamdulillah was shalatu was salamu 'ala rasulillah, wa ba'du,
 
Shalat dengan menggunakan sandal hukumnya dibolehkan, bahkan termasuk salah satu sunah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mulai banyak tidak dikenal masyarakat. Padahal shalat dengan menggunakan sandal di masa nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat adalah satu hal yang biasa. Bukan karena masjid beliau yang beralas pasir, lebih dari itu, beliau perintahkan hal ini karena tujuan tertentu.
Berikut beberapa dalil yang menunjukkan bahwa beliau shalat dengan menggunakan sandal,
Hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu 'anhu, beliau menyatakan,
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي حَافِيًا وَمُنْتَعِلًا
Saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terkadang shalat dengan tidak beralas kaki dan kadang shalat dengan memakai sandal. (HR. Abu daud 653, Ibnu Majah 1038, dan dinilai Hasan Shahih oleh Al-Albani).
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengingatkan kepada umatnya tentang hal ini. Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ، فَلْيَلْبَسْ نَعْلَيْهِ، أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا بَيْنَ رجليه، ولا يؤذ بهما غيره
"Apabila kalian shalat, hendaknya dia pakai kedua sandalnya atau dia lepas keduanya untuk ditaruh di kedua kakinya. Janganlah dia mengganggu yang lain." (HR. Ibnu Hibban 2183, Ibnu Khuzaimah 1009 dan sanadnya dinilai shahihkan Al-Albani)
 
Seorang tabiin, Said bin Yazid Al-Azdi, beliau pernah bertanya kepada Anas bin Malik,
أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي نَعْلَيْهِ؟
"Apakah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah shalat dengan menggunakan sandal?"
Jawab Anas: "Ya." (HR. Bukhari 386, Turmudzi 400, dan yang lainnya).
 
Bahkan beliau menyebutkan, shalat memakai sandal termasuk sikap tampil beda dengan model ibadahnya yahudi. Dari Syaddad bin Aus, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berpesan,
خَالِفُوا الْيَهُودَ فَإِنَّهُمْ لَا يُصَلُّونَ فِي نِعَالِهِمْ، وَلَا خِفَافِهِمْ
"Bersikaplah yang berbeda dengan ornag yahudi. Sesungguhnya mereka tidak shalat dengan menggunakan sandal maupun sepatu." (HR. Abu Daud 652 dan dishahihkan Al-Albani)
 
Hanya saja, para ulama menjelaskan bahwa dibolehkan memakai sandal ketika shalat berlaku dengan syarat,
  1. Sandalnya suci dari najis, dan tidak kotor. Pada penjelasan tentang hukum memakai sandal ketika shalat, Syaikh Abdullah bin humaid mengatakan,
لكن الشرط أن تكون النعال طاهرة ، فإذا كانت النعال فيها نجاسة أو وطئ بها أذى ، فلا ينبغي أن يصلي الإنسان منتعلاً
"Hanya saja ada syaratnya, sandal harus suci. Jika sandalnya ada najisnya atau menginjak kotoran maka tidak selayaknya orang menggunakannya untuk shalat." (Dinukil dari Fatwa Islam, no. 12033)
  1. Tidak dilakukan di masjid yang lantainya karpet
Imam Ibnu Baz mengatakan,
حكمها الاستحباب بعد التأكد من نظافتها ؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي في نعليه... وإذا كان المسجد مفروشا فإن الأولى خلعها ؛ حذراً من توسيخ الفرش ، وتنفير المسلمين من السجود عليها
"Hukum menggunakan sandal ketika shalat dianjurkan, setelah dipastikan sandal itu bersih. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah shalat dengan memakai sandal... namun jika masjidnya beralas karpet, yang lebih baik adalah tidak memakai sandal, agar tidak mengotori karpet dan membuat kaum muslimin enggan untuk sujud di karpet." (Fatawa Ibnu Baz, dinukil dari Fatwa Islam, no. 69793).
 
Dengan demikian, anda bisa tetap shalat menggunakan sandal ketika shalat sunah di rumah atau shalat di musolah yang alasnya bukan karpet. Sekaligus kami menasehatkan kepada kaum muslimin agar menyempatkan diri untuk melaksanakan shalat dengan bersandal, selagi itu memungkinkan. Terutama ketika kita shalat sunah di rumah. Kita bisa gunakan sandal dalam rumah, yang sudah dipastikan kondisinya suci. Agar kita bisa melestarikan sunah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan tidak dianggap meniru kebiasaan yahudi.
 
Allahu a'lam

Ukuran Fisik Penghuni Neraka

Ukuran Fisik Penghuni Neraka
 
Tanya:
Ada yg mengatakan, penghuni neraka ukurannya sangat besar, apa benar demikian?
Trim's
 
Nuw, Jogja
 
Jawab,
Alhamdulillah was shalatu was salamu 'ala rasulillah, amma ba'du,
 
Salah satu diantara bentuk siksaan yang diberikan kpd penghuni neraka, Allah jadikan badannya sangat besar. Tidak ada yang bisa membayangkan besarnya, kecuali Penciptanya.
Berikut beberapa hadis yang menunjukkan hal itu,
Dari Abu hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
ما بين منكبي الكافر في النار مسيرة ثلاثة أيام للراكب المسرع
Jarak antara dua ujung pundak orang kafir di dalam neraka sejauh perjalanan 3 hari yang ditempuh penunggang kuda yang larinya cepat. (HR. Bukhari 6551 Muslim 2852)
An-Nawawi mengatakan,
هَذَا كُلُّهُ لِكَوْنِهِ أَبْلَغَ فِي إِيلَامِهِ وَكُلُّ هَذَا مَقْدُورٌ لِلَّهِ تَعَالَى يَجِبُ الْإِيمَانِ بِهِ لِإِخْبَارِ الصَّادِقِ بِهِ
Ini semua bertujuan agar lebih maksimal dalam menyiksanya. Dan ini semua di bawah kekuasaan Allah ta'ala, yang wajib kita imani, mengingat adanya berita dari As-Shodiq (Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam) tentang hal ini. (Syarh Shahih Muslim, 17/186).
 
Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu 'anhu, 
إن الرجل من أهل النار ليعظم للنار، حتى يكون الضرس من أضراسه كأحد
"Sesungguhnya orang penduduk neraka akan membesar ketika masuk neraka, sampai gigi gerahamnya sebesar gunung Uhud. (HR. Ahmad 32/13, Syuaib Al-Arnauth mengatakan, 'Sanadnya maushul' dan statusnya seperti sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam).
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
ضِرْسُ الْكَافِرِ، أَوْ نَابُ الْكَافِرِ، مِثْلُ أُحُدٍ وَغِلَظُ جِلْدِهِ مَسِيرَةُ ثَلَاثٍ
"Gigi geraham atau gigi taring orang kafir (penghuni neraka) seperti gunung Uhud, sementara tebal kulitnya sejauh perjalanan 3 hari." (HR. Muslim 2851).
 
Juga dari Abu hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
ضرس الكافر يوم القيامة مثل أحد، وعرض جلده سبعون ذراعاً، وعضده مثل البيضاء، وفخذه مثل ورقان، ومقعده من النار ما بيني وبين الربذة
"Geraham orang kafir pada hari kiamat seperti gunung Uhud, lebar ani telinganya 70 hasta, lengannya seperti gunung Baidha', pahanya seperti gunung waraqan, dan tempat duduknya di neraka antara saya dengan rabadzah." (HR. Hakim, Ahmad dan dishahihkan Al-Albani).
 
Namun ukuran di atas tidak berlaku untuk semua penghuni neraka. Karena ada juga orang yang Allah masukkan ke neraka dalam wujud makhluk yang sangat kecil.
Al-Munawi menukil keterangan Al-Qurthubi,
وهذا إنما يكون في حق البعض بدليل حديث إن المتكبرين يحشرون يوم القيامة أمثال الذر في صورة الرجال فيساقون إلى سجن في جهنم يقال له بولس
"Ini hanya berlaku untuk sebagian ahli neraka saja, dengan dalil hadis yang menyatakan bahwa orang-orang sombong pada hari kiamat akan dikumpulkan dalam bentuk manusia seukuran biji. Mereka digiring untuk masuk ke penjara di dasar neraka, namanya Bulis."
Al-Qurthubi juga mengatakan,
ولا شك أن الكفار متفاوتون في العقاب كما علم من الكتاب والسنة
"Kita yakin, hukuman untuk orang kafir itu bertingkat-tingkat, sebagaimana yang kita pahami dari kesimpulan Al-Quran dan sunah."
(Faidhul Qadir Syarh jami' As-Shaghir, karya Al-Munawi, 4/254)
 
Allahu a'lam

10 Khasiat Basmalah

10 Khasiat Basmalah
 
Alhamdulillah was shalatu was salamu 'ala rasulillah, amma ba'du,
 
Yang kami maksud khasiat basmalah adalah keutamaan basmalah. Berikut beberapa keutamaan kalimat basmalah,
Pertama, pembukaan Al-Quran
Allah ta'ala membuka kitab-Nya yang paling angung, yaitu Al-Quran dengan lafadz basmalah. Demikian pula, semua surat dalam Al-Quran diawali dengan basmalah, kecuali surat At-Taubah.
 
Kedua, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengawali surat yang beliau kirim ke raja-raja, untuk mengajak mereka masuk islam, dengan lafadz basmalah. Seperti surat yang beliau kirim ke raja heraklius. Sebagaimana yang pernah kita bahas di:
 
ketiga, basmalah merupakan isi surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman 'alaihis shalatu was salam kepada Ratu Saba' yang ketika itu masih menyembah matahari. Allah berfirman, menceraitakan kisah mereka,
قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ ( ) إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ( ) أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ
"Sang ratu berkata: Wahai para menteri, saya mendapatkan sepucuk surat yang mulia ( ) Surat itu dari Sulaiman, isinya: Bismillahir rahmanir rahiim ( ) Janganlah kalian bersikap sombong di hadapanku dan datanglah kepadaku dengan tunduk. (QS. An-Naml: 29 – 31).
Tujuan utama Nabi Sulaiman mengirim surat ini adalah untuk mengajak mereka masuk islam dan meninggalkan kekufurannya. Mengingat pentingnya tujuan ini, Nabi Sulaiman mengawalinya dengan basmalah.
 
Keempat, bacaan basmalah menjadi pemula untuk berbagai bentuk ibadah, seperti wudhu, atau mandi dan tayamum, menurut pendapat sebagian ulama. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
لَا وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى عَلَيْه
"Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (membaca basmalah)." (HR. Abu Daud 101 dan dishahihkan Al-Albani).
Hadis ini berbicara tentang wudhu, namun ulama mengqiyaskannya untuk mandi dan tayamum, karena semuanya adalah kegiatan bersuci.
 
Kelima, perlindungan dari setan ketika makan
Orang yang makan atau minum dengan didahului membaca basmalah sebelumnya maka setan tidak mampu untuk turut memakannya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
 
"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani).
 
Dari hudzaifah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ الَّذِى لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ
Sesungguhnya setan dibolehkan makan makanan yang tidak dibacakan nama Allah ketika hendak dimakan. (HR. Abu Daud no. 3766 dan dishahihkan Al-Albani)
 
Keenam, penjagaan dari gangguan setan ketika berhubungan badan
dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 
لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ قَالَ: “بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا“، فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا
 
“Jika salah seorang dari kalian (suami) ketika ingin menggauli istrinya, dan dia membaca doa: ‘Dengan (menyebut) nama Allah, …dst’, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya.” (HR. Bukhari no.141 dan Muslim no.1434)
 
Ketujuh, penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia.
Seperti yang sering kita bahas, kita tidak bisa melihat jin, namun jin bisa melihat kita dalam semua keadaan. Tidak segan-segan, jin yang kurang bertanggung jawab, juga akan melihat kita dalam posisi ketika tidak berbusana. Untuk menanggulangi hal ini, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan agar ketika buka pakaian, kita tidak lupa membaca basmalah.
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلَاءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ اللَّهِ
"Penghalang antara mata jin dengan aurat bani Adam, apabila kalian masuk kamar kecil, ucapkanlah bismillah." (HR. Turmudzi 606 dan dishahihkan Al-Albani).
 
Kedelapan, penghalang setan untuk membuka tempat barang berharga.
Beberapa harta berharga yang kita simpan di malam hari, juga akan menjadi incaran setan. Dia berusaha mengganggu kita dengan mengotori makanan atau mengambil barang berharga itu. Untuk mengatasi hal ini, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan umatnya agar ketika menutup semua makanan dengan membaca basmalah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
غَطُّوا الْإِنَاءَ، وَأَوْكُوا السِّقَاءَ، وَأَغْلِقُوا الْبَابَ، وأطفؤا السِّرَاجَ، فإن الشَّيْطَانَ لَا يَحُلُّ سِقَاءً، ولا يَفْتَحُ بَابًا، ولا يَكْشِفُ إِنَاءً، فَإِنْ لم يَجِدْ أحدكم إلا أَنْ يَعْرُضَ على إِنَائِهِ عُودًا وَيَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ، فَلْيَفْعَلْ
 
“Tutuplah bejana, ikatlah geribah (tempat menyimpan air yang terbuat dari kulit), tutuplah pintu, matikanlah lentera (lampu api), karena sesungguhnya setan tidak  mampu membuka geribah yang terikat, tidak dapat membuka pintu, dan tidak juga dapat menyingkap bejanan yang tertutup. Bila engkau tidak mendapatkan tutup kecuali hanya dengan melintangkan di atas bejananya sebatang ranting, dan menyebut nama Allah, hendaknya dia lakukan.” (HR. Muslim)
Kesembilan, menghalangi setan menginap di dalam rumah
Bacaan basmalah diucapkan ketika masuk rumah, bisa menjadi penghalang bagi setan untuk ikut memasukinya atau menginap di dalamnya.
Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 
إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ
 
“Jika seseorang masuk rumahnya dan dia mengingat nama Allah ketika masuk dan ketika makan, maka setan akan berteriak: ‘Tidak ada tempat menginap bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Namun jika dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan, ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’ dan jika dia tidak mengingat nama Allah ketika makan maka setan mengundang temannya, ‘Kalian mendapat jatah menginap dan makan malam’.” (HR. Muslim).
 
Kesepuluh, menjadi syarat halalnya hewan sembelihan
Diantara keberkahan basmalah, orang yang menyembelih binatang dengan menyebut basmalah, hewan sembelihannya bisa menjadi halal. Sebaliknya, orang yang menyembelih binatang tanpa mengucapkan basmalah, baik disengaja maupun lupa, sembelihannya batal, dan hewan itu tidak boleh dimakan. Allah berfirman,
وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ
"Janganlah kalian makan (hewan) yang tidak disebutkan nama Allah ketika menyembelihnya. Itu sesuatu yang fasik (tidak halal)." (QS. Al-An'am: 121).
 
Allahu a'lam